TPOTA Suban Air Panas Curup by YC4PCR/P

Objek Wisata Suban Air Panas merupakan obyek wisata alam yang sudah lama diminati oleh masyarakat Bengkulu yang tak hanya memancarkan aura keindahan dan kesejukan.

Pemandian suban air panas berada di jalan lintas Curup-Lubuk Linggau dengan jarak tempuh sekitar 6 Km dari Kota Curup (kota kabupaten Rejang Lebong) atau sekitar 90 Km dari Provinsi Bengkulu.Pemandian Air Panas Suban adalah tempat yang tepat untuk melepaskan diri dari segala kepenatan pada hari yang lelah dan hanya sekedar untuk menyerap kehangatan alam yang menenangkan.

Tempat ini memiliki luas lahan sebesar 30 Ha mulai dibuka untuk umum pada 1 November 1967 ini sangat diminati masyarakat karena menawarkan daya tarik tersendiri.Dengan memiliki beberapa kolam pemandian air hangat tersebut di alirkan melalui pipa-pipa bambu dan belum lagi suhu udara di curup yang relatif dingin, sehingga sangat nyaman ketika merasakan hangatnya air yang ada di kolam pemandian ini

Air panas Suban diketahui mengalir dari sejumlah mata air yang mengalir turun dari Bukit Kaba dan disalurkan melalui pipa bambu sehingga membentuk seperti pancuran.Diketahui juga bahwa kaba merupakan salah satu lapangan panas bumi yang telah ditetapkan menjadi wilayah kerja panas bumi (WKP) sejak tahun 2012 lalu dan sekarang BUMN PLN kini bersiap melakukan eksplorasi di wilayah ini.

Selain menjadi tempat rekreasi yang cukup menyenangkan, air panas suban ini dipercaya juga berguna untuk penyembuhan berbagai penyakit kulit, pegal linu,otot tegang dan rematik.Selain itu,terdapat kolam-kolam pemandian air panas dan bentuk kolamnya pun didesain memang sederhana.Air panasnya yang jernih dan tidak berbau belerang menjadi kelebihan utama sumber air panas ini.

Selain udaranya yang sejuk, pemandian Suban juga menghadirkan keindahan alam dan hijau. Ditambah dengan panaroma tebing-tebing indah yang ditumbuhi pepohonan yang mengelilingi, air panas Suban sangat pas untuk bersantai melepas penat kita .

Panasnya dari kolam ini bisa dibilang tidak terlalu panas sehingga kita betah untuk berlama-lama berendam, hanya bagian-bagian tertentu dari sudut-sudut kolam ini yang memiliki suhu airnya yang cukup panas, karena berdekatan dengan sumber mata air panas. Setelah berendam tubuh Anda serasa segar kembali, letih dan capek pun hilang seketika.

Air terjun pertama setinggi 50 meter sementara yang kedua setinggi 15 meter. Selain percikan air mancur yang menyegarkan, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan panorama air terjun yang menakjubkan dan suasana alam yang tenang.

Di wilayah Suban Air Panas ini terdapat air yang mengisi kolam dengan petualangan yang relatif singkat,kita juga bisa mengunjungi dua air terjun yang tidak terlalu jauh dari mata air panas yang akrab disebut air terjun suban. Kedua air terjun ini letaknya terpisah walaupun tak terlalu jauh. Air terjun ini memiliki suhu air yang dingin, sehingga anda juga bisa merasakan sensasi dinginnya air alami yang ada di objek wisata Suban Air Panas ini.

Selain itu terdapat dua buah peningalan Suku Rejang yaitu Batu Megalitikum dengan lokasi berbeda. Batu pertama terdapat dibagian bawah. Batu megalitikum di lokasi pertama ini juga sering disebut dengan “Tri Sakti”. Seratus meter dari lokasi pertama, terdapat pula satu lagi batu megalitikum yang dikenal dengan nama “Batu Menangis” atau “Putri Selangkah”.

MAPS LOCATION :

Team support by :
YC4PIW, YC4PWN, YC4PSO

Fivestar rating :

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

YC4PCR
Activation by: YC4PCR

YC4PCR/P

Activation Data :

- DXPedition Name : Tourist Park Activation
- Callsign Used : YC4PCR/P
- Date Event : 20220327
- Latitude : -3.4613354
- Longitude : 102.5669562
- Location : REJANG LEBONG
- Country subdivision : BENGKULU
- Country : INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *